Dari rongsokan biasa menjadi barang berharga, Kerajinan Kuningan Tembaga

posted in: Produk, Uncategorized | 0

Kerajinan Kuningan Tembaga

 

 

Kuningan tembaga yang awalnya merupakan barang “rongsokan” sekarang telah berbeda. Rongsokan itu kini menjadi salah satu bahan dalam pembuatan barang yang bernilai jual tinggi. Tak hanya bernilai tinggi tembaga kuningan juga mempunyai kualitas yang tak kalah ajib dari bahan logam lainnya.
Di Indonesia terdapat suatu daerah yang menjadi pengrajin tembaga kuningan terbesar. Daerah itu memproduksi banyak sekali tembaga kuningan yang bahkan telah di ekspor ke luar negeri.Desa Tumang merupakan nama daerah itu. Terletak di Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, membuat Desa Tumang memiliki udara yang sejuk dan memiliki sumber daya alam yang melimpah.Di sana terdapat banyak sekali pengrajin kuningan tembaga mulai dari industri kecil hingga besar.
Desa ini telah dinobatkan sebagai desa wisata kerajinan kuningan tembaga oleh pemerintah setempat, karena sudah sejak dulu warga di desa ini menggeluti pekerjaan ini.Salah satu tempat yang terkenal disana ialah AA Gallery. AA Gallery merupakan salah satu tempat pembuatan dan penjualan kerajinan tembaga kuningan.
Di sana terdapat banyak sekali aneka macam dan inovasi kerajinan dari kuningan tembaga yang dibuat dan dijual.
Mulai dari alat-alat rumah tangga hingga alat-alat masa kini. Antara lain patung, asbak, pintu, washtafel, bathup, kap lampu, kotak tempat pewangi Kaligrafi, Lampu Gantung, Lampu Dinding, Lampu Robyong, Copper Bowl, Guci, Lambang Garuda Pancasila, dan masih banyak lagi produk kerajinan tembaga dan kuningan yang di hasilkan.Di AA Gallery para pelanggan dapat memesan barang tanpa batas minimum, sehingga pelanggan dapat membeli sesuai kebutuhan masing-masing.


Cara pembuatannya pun dibilang mudah hanya saja butuh ketelitian saat membentuk dan membuat ukirannya.
Setelah dibuat plat lalu potong plat tembaga tersebut sesuai pola yang diinginkan, serta tambahkan ukiran. Dalam hal ini pengrajin dituntut untuk selalu kreatif, tekun dan ulet.
Tahapan terakhir dari pembuatan tadi ialah finishing dan pewarnaan. Finishing digunakan agar tembaga awet dan tidak mudah berkarat. Tahap pewarnaan dilakukan agar tembaga menjadi lebih cantik dan menarik.
Banyak hal tidak kita sadari bahwa keberadaannya yang selama ini dianggap sampah ternyata menyimpan potensi untuk digali sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai tambah, justru bisa menjadi mata pencaharian. Mulailah berfikir kreatif untuk hidup yang lebih baik.

Leave a Reply