Cara Membedakan Kuningan dengan Tembaga

posted in: Produk | 0

1

Pukulkan logam serta dengarkan suaranya. Sebab tekstur tembaga lumayan lunak, suara yang dihasilkan sepatutnya teredam serta penuh.[11] Pengujian pada tahun 1867 mendeskripsikan suara tembaga bagaikan suara” mati”, sebaliknya suara kuningan bagaikan suara” berdenting jernih”.[12] Membedakan kedua suara ini bisa jadi susah bila Kamu belum berpengalaman. Tetapi, mempelajarinya bisa jadi hendak berguna bila Kamu hobi mengoleksi benda antik ataupun mengumpulkan serpihan logam.

Metode ini sangat bagus digunakan pada barang logam yang tebal serta padat.

Foto bertajuk Tell Brass from Copper Step 8

2

Carilah kode capnya. Barang kuningan yang terbuat buat industri kerap kali dilengkapi kode cap. Kode cap ini berperan buat mengetahui campurannya secara tentu. Baik dalam sistem Amerika Utara serta Eropa, kode buat kuningan dimulai dengan huruf C serta diiringi dengan beberapa angka. Tembaga kerap kali tidak diberi indikator. Tetapi, bila mau memastikannya, periksalah kodenya dengan panduan ini:

Sistem UNS di Amerika Utara memakai label berawalan C2, C3, ataupun C4 buat kuningan, ataupun antara C83300 serta C89999. Bila diisyarati, tembaga dapat memakai kode antara C10100 sampai C15999, serta C80000–C81399.[13] 2 angka yang terakhir kerap kali tidak dituliskan.

Dalam sistem Eropa dikala ini, baik kode tembaga ataupun kuningan berawalan huruf C. Kode buat kuningan berakhiran huruf L, Meter, N, P, ataupun R, sebaliknya kode buat tembaga berakhiran huruf A, B, C, ataupun D.[14]

Barang kuningan yang telah tua bisa jadi tidak menjajaki sistem ini. Sebagian standar Eropa lama( yang digunakan sampai sebagian waktu belum lama) mencantumkan simbol faktor logam yang diiringi dengan persentasenya. Seluruh barang yang memiliki” Cu” serta” Zn” dikira bagaikan kuningan.

Foto bertajuk Tell Brass from Copper Step 9

3

Cek kekerasan logam. Uji ini umumnya tidak sangat berguna sebab kuningan cuma sedikit lebih keras dibanding tembaga.[15] Sebagian tipe tembaga yang sudah diproses hendak sangat lunak sehingga bisa digores dengan duit logam AS( yang tidak hendak terjalin pada kuningan).[16] Cuma saja, dalam banyak permasalahan, tidak terdapat barang yang bisa menggores salah satu logam, namun tidak logam yang lain sekalian gampang ditemui buat uji ini.

Tembaga pula lebih gampang ditekuk dibanding kuningan. Tetapi, menarik kesimpulan dari uji itu saja hendak susah( paling utama tanpa mengganggu barang)

Leave a Reply